Selasa, 24 Januari 2012

////

Basis Data Kependudukan Sederhana Dengan MySql Workbench




Bagi mahasiswa teknik informatika yang masih kuliah pasti sudah sering latihan membuat basis data, ya kan??. he. Pembuatan basis data ada pada mata kuliah Perancangan Basis Data ataupun Sistem Basis Data. Tools Management populer yang sering digunakan mahasiswa2 teknik dalam membuat basis data diantaranya : MySQL, MsAcces, Ms Sql Server, PostgreSQL dan Oracle. Pemakaian tersebut tergantung pada kebutuhannya fren.

Dalam artikel ini saya akan bahasa cara pembuatan database kependudukan sederhana dengan Dbms MySQL. Hehe, gpp, buat latihan ya fren. Memang artikel ini saya khususkan untuk mahasiswa atau umum yang sedang belajar membuat database. Tools tambahan yang saya gunakan disini adalah MySQL Workbench 5.1, yaitu alat bantu administrasi database MySql yang berbasis Opensource, yah.. sejenis PhpMyAdmin lah. Tapi yang satu ini aplikasi Desktop.

MySQL Workbench bermanfaat sekali untuk pembuatan model visual dari database yang akan kita buat, jadi gak langsung hajar buat.. hehe. Cara yang satu ini disebut Forward Enginering, buat dulu model baru generate databasenya supaya terstruktur dan lebih terdokumentasi secara digital untuk keperluan pengembangan lebih lanjut.

Bagi yang belum punya software MySQL Workbench silahkan download disini, kalian juga butuh software lain untuk menjalankan MySQL Workbench seperti Visual C++ 2005 dan NetFramework 4.

ANALISIS TABEL

Dalam penentuan tabel yang akan dibuat dalam membuat basis data kependudukan, kita dapat melihat Kartu Tanda Penduduk. hehe. Itu cara yang paling mudah fren dalam mendapatkan field apa aja yang diperlukan, setelah itu kita dapat mengira-ngira field lain yang cocok untuk record masing-masing tabel, begitu juga relasinya (namanya juga latihan.. ;D). Jika kita perhatikan KTP kita masing-masing disitu akan terlihat beberapa data diantaranya :

Nik, Nama, Tempat/Tgl Lahir, Jenis Kelamin, Alamat, Agama, Pekerjaan, Berlaku Hingga, Kewarganegaraan, Status Perkawinan, Kota, Provinsi, Tanggal Pembuatan, Golongan Darah, sampai Tanda Tangan/Sidik Jari.

Nah, dari situ kita dapat memecah semua data tadi ke beberapa tabel baru. Data yang kita dapatkan tadi merupakan record yang menjadi kumpulan informasi tentang kalian, primary keynya yaitu Nik. Beberapa tabel dan field baru yang dapat kita analisis dengan sedikit improvisasi dari data sebelumnya, seperti berikut :

Tabel agama {id_agama int (2), nama_agama char(30), keterangan varchar(45) };

Tabel jenis_kelamin { id_jenkel char(1), nama_jenkel char(30), keterangan varchar(45)};

Tabel pekerjaan {id_pekerjaan int(3), nama_pekerjaan char(30), keterangan varchar (45), tempat_kerja char(45) };

Tabel status_perkawinan {id_staper int(1), nama_staper char(30), keterangan varchar(45)}; 

Tabel golongan_darah {id_goldar char(1), nama_goldar char(3), keterangan varchar(45)};

Tabel provinsi {id_provinsi int(3), nama_provinsi char(40), nama_pulau char(20)};

Tabel kota_kabupaten {id_kota_kab int(2), nama_kota_kab char(30), id_provinsi int(3), keterangan varchar(45)}; 

Tabel penduduk {nik int(30), nama_lengkap varchar(30), alamat memo, tempat_lahir char(20), tanggal_lahir date, id_agama int(2), id_jenkel char(1), id_pekerjaan int(3), id_staper int(1), id_goldar char(1), id_kota_kab int(2)};

Wah, lumayan banyak ya hasil improvisasinya, ternyata data dari ktp dapat kita pecah menjadi lebih dari 7 tabel data. Oia, fren, yang saya garis bawahi merupakan primary dan foreign key dari setiap tabel. Jika kita amati yang paling banyak mengandung foreign key adalah tabel penduduk. Hal ini dikarenakan tabel penduduk lah yang akan banyak digunakan untuk me-retrieve data kependudukan sesuai dengan keperluan, data dari tabel penduduk banyak mengambil lookup dari tabel master lain..

Sip, selanjutnya kita harus pindahkan hasil analisis kedalam MySQL Workbench untuk kemudian dibuat model datanya, model data tersebut berbentuk EER kependekan dari Enhanced Entity Diagram. Setelah membuat model data tersebut, kita dapat generate databasenya dengan mudah.

Silahkan download tutorial selanjutnya disini. Kalo fren sekalian ada yang males baca, n pengen ngoprek sendiri silahkan download file jadinya (yang saya buat.. :D), format filenya .mwb , tinggal dibuka di MySQL Workbench. File tadi model data lho.. jadi tinggal generate aja databasenya disitu..

Keep Learning and Be The Best

2 Reactions to this post

Add Comment
  1. aizat mengatakan... 2 November 2012 06.45

    maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang Basis Data
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3037/1/88.pdf
    semoga bermanfaat :)

  2. ahmad oriza sahputra mengatakan... 6 November 2012 22.05

    boleh kok, silahkan mas.. dengan senang hati dan jiwa (lho..) hehe

Posting Komentar