Selasa, 15 Januari 2013

////

Membangun Aplikasi Chating Berbasis Web (P2P)

Hallo fren... kali ini saya mau share cara bikin aplikasi chat berbasis web pake PHP dan Jquery Ajax. Aplikasi ini mirip kaya facebook chat kalo kita buka dari browser. Yahh, tapi yang kita buat gak secanggih punya facebook hehe.



Oya, di blog ini saya gak share full artikel nya. Sebab udah saya publish di nyankodmagz edisi ke-14, eh udah pada tau nyankodmagz belom?? yah, kalo blm tau sekalian kunjungin ya webnya. Nih cuplikan tutorial nya :
...
Yooii, masuk ke tahap pembuatan authentication, ato bahasa belandanya autentikasi. Ini nih, kita mau buat proteksi atas fitur utama. Bikin halaman login coy, yah app yang mau kita belum ribet cuy. Tingkatan user juga gak ada. Plus, gak ada halaman adminnya juga. User yang ada, ya user pengguna fitur chat itu sendiri. Mungkin kedepannya ada nyankoders yang mau ngembangin, bahkan ngubah konsepnya jadi lebih baik. Untuk sekarang yang penting nyankoders paham alur nya. Okeh!! Lanjut ah, kita bikin halaman login sama index ya!! Cekidot!!


...
Tugas berkas index adalah memanggil halaman login. Halaman index sendiri merupakan halaman yang secara default bakal dieksekusi pertama kali ketika program diakses. Berkas vw_login.php berisi script html buat nampilin form login. Oya!!! folder resources web kita ada empat. Yaitu css (buat nyimpen berkas style), js (buat nyimpen berkas javascript), img (buat nyimpen gambar yang dipakai dalam app), sama files (buat nyimpen file unggahan user). Semua udah ada didalem source code nyankodmagz ya!! Jadi sesuaikan aja. Kurang lebih strukturnya kaya gini:
...

Gimana?? tertarik buat pelajarin "membangun aplikasi chat berbasis web" ini gak fren?? Langsung klik link dibawah ini buat yang berminat!!

Download Full Artikel + Source Code

Note : Kalo ada pertanyaan seputar debuging, bisa kontak langsung saya di twitter, atau komen aja artikel ini.

Thanks.. Semoga Bermanfaat.

3 Reactions to this post

Add Comment
  1. Gustav mengatakan... 15 Januari 2013 pukul 20.33

    kebetulan saya butuh script ini

  2. Unknown mengatakan... 15 Januari 2013 pukul 20.37

    Sok disedot bang!!, semoga bermanfaat. Buat bahan skripsi juga bisa.. hehehe

  3. Unknown mengatakan... 25 Februari 2014 pukul 20.58

    link downloadnya eror

Posting Komentar