Rabu, 25 April 2012

////

Program Konversi Satuan Jarak Menggunakan Java SE

Setelah sekian lama akhirnya dapat update artikel di blog ini. Hehe. Maklum fren.. bahan sih ada, cuma malas sekali untuk nulis. Memang nulis itu butuh suasana hati yang enak :D.


Artikel ini untuk para programmer Java newbie (saya jg newbie kok.. :D). Tentang pembuatan program konversi satuan jarak menggunakan Java SE, lumayan lah buat latihan atau persiapan, siapa tau nanti ada tugas dosen persis sama seperti ini. Oia fren.. Tidak semua konversi ukuran dimasukan dalam program ini saya hanya mencoba beberapa contoh saja diantaranya ( Meter > Centimeter , Centimeter > Inchi, Kilometer -> Milimeter dst dan sebaliknya). Program konversi satuan jarak sederhana ini dibuat GUI dengan melibatkan komponen Java sederhana menggunakan JFrame dan kawan-kawannya seperti (TextField, Button, JPanel dll). 

Kita hanya butuh satu class untuk program ini, kira-kira output jadi programnya seperti ini fren :



Dalam post ini saya tidak akan menjelaskan bagaimana maksud dari setiap source code, sebab penjelasan sdh saya sisipkan dalam bentuk komentar di dalam source codenya :D. Nah.. fren sekalian download di http://www.mediafire.com/?10r1xnkepijf17d ya, gak usah ngetik lagi tinggal di icip-icip aja.. Jika masih ada yang kurang jelas atau kurang paham, langsung aja komentarin post ini, InsyaAllah saya bantu jelaskan..

Keep Learning and Be The Best

3 Reactions to this post

Add Comment
  1. Unknown mengatakan... 9 Desember 2012 pukul 09.58

    bisa jelaskan tentang algoritma penyelesaian program dan implementasi algoritma kedalam bentuk struktur code program JAVA.

  2. Unknown mengatakan... 10 Desember 2012 pukul 22.19

    kalo langkah-langkahnya sudah ada di source codenya bro.. , untuk algoritma belum saya buat lengkap. Kasih waktu ya,, hehe saya harus liat dulu lagi source codenya. Udah agk lupa soalnya :)

  3. Unknown mengatakan... 12 Desember 2012 pukul 07.21

    mohon bantuannya bro, kalo bisa dijelaskan dalam word, soalnya dijadikan tugas besar nih :D
    thanks sebelumnya master

Posting Komentar