Senin, 23 Januari 2012

////

Pengenalan PHP


Tahukah anda?? Bahasa pemrograman apa yang banyak dipakai untuk membangun aplikasi berbasis web?.Sip.. betul. Jawabannya PHP.. Bahasa yang satu ini memang sangat digemari, mungkin kepopulerannya melebihi bahasa inggris (lebay.com). PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor, yaitu bahasa server-side yang disisipkan pada dokumen HTML. Jika kita cermati namanya, memang cukup aneh ya.. (saya yang aneh kali ya.. hehe) masa di dalam singkatan ada singkatan lagi. Selain populer, bahasa yang satu ini juga powerful, bahkan banyak instansi pemerintah maupun swasta yang tergolong organisasi setingkat andarprise menggunakan bahasa yang satu ini untuk membangun sistem informasi maupun aplikasinya.

PHP merupakan perangkat lunak open-source yang dilisensikan secara gratis serta dapat didownload bebas. PHP sangat membantu sekali dalam pembuatan aplikasi berbasis web yang dinamis. Nah.. sekarang saya mau bertanya lagi, siapa orang yang pertama kali membangun PHP?.Sip.. sekali lagi anda betul, jawabannya Rasmus Lerdorf . Ternyata yang membaca lebih pinter dari yang nulis ya.. hehe. Pak Rasmus pada waktu itu hanya menggunakan PHP untuk mencatat jumlah serta siapa saja yang berkunjung ke homepagenya, tapi seiring berjalannya waktu beliau bersama teman-temannya diantaranya Zeew Surawski, Andi Gutman, Stig Bakken, Shsaya Caraveo dan Jim Winstead bekerja sama mengembangkan PHP kearah yang lebih stabil dan baik.

Sekarang saya mau memberi tahu kelebihan apa saja yangdimiliki PHP. Kelebihan PHP dapat dijalankan di berbagai sistem operasi (wew, mantap) seperti Windows, Unix, Linux, Mac OS X, RISC OS, dll. Yang lebih fantastis lagi PHP dapat mendukung banyak web server diantaranya Apache, Microsoft IIS, Personal Web Server, iPlsayat Server, Xitami, Audium, dsb. Wow.. banyak sekali ya. Ayo tebak apalagi keunggulan PHP?.. Yup, lagi lagi bener. PHP menyediakan library yang dapat digunakan para developer untuk mengolah gambar, file ebook (co : pdf), dan flash movie.

Kemudian kelebihan PHP selanjutnya adalah mendukung koneksi data ke banyak database management system, seperti : 

· Adabas D
· dBase
· Direct MS-SQL
· Empress
· FilePro
· FrontBase
· Hyperwave
· IBM DB2
· Informix
· MySQL
· Oracle
· PostgreSQL
· Velocis
(Kasiman Peranginangin, 2006, p3) 

Mantap kan fren.. hehe. Semakin memudahkan kita untuk membangun suatu aplikasi berbasis web. Bayangkan saja jika kita harus membuat modul koneksi sendiri supaya terhubung dengan DBMS yang kita gunakan, pasti akan memakan waktu (itu juga kalo bisa.. hehe). Dengan sedikit script PHP dan berbagai metode yang telah disediakan, kita dapat dengan mudah menghubungkan aplikasi yang kita kembangkan dengan basis data yang ada.

Untuk mempelajari syntax yang sesuai dengan aturan PHP sebaiknya anda mengetahui beberapa pasangan tag yang digunakan untuk menandai blok script yang menjadi ciri khas dari PHP, yaitu :

<?php… ?>
<script language=”PHP”>…</script>
<?...?>
<%...%>

Sekarang saatnya kita beraksi, gak usah banyak cerita terus ya.. . Sip, tentunya untuk frens yang ingin mempelajari PHP harus melewati tahap yang satu ini, dengan membuat program yang sangat populer, sukar dipelajari, fantastis, bombastis, spektakuler, mantap, dan canggih (lebay.com lagi). Yaitu program Hello World.. hehe. Bercanda aja nih , program ginian mah sambil tutup mata juga bisa dibuat (beh.. songong mode on).

Pertama-tama sebelum membuat program sederhana kita harus menyediakan beberapa tools yang kita gunakan. Anda harus menginstall beberapa software yang digunakan sebagai server lokal, software development kit php, browser, editor script, dsb. Kalo yang saya gunakan untuk sebatas local server dan lain-lain sih software Xampp 1.7.7 (Server Apache, Dbms Mysql, PHP 5 ), Notepad++ 5.9 (Editor), Google Chrome 16.0.912.75 (Browser). Tapi itu semua kembali ke fren fren sekalian, disini saya gak akan ngebahas tata cara instalasi dan sebagainya karena saya menganggap fren sekalian udah pada pinter.. hehe, jadi tinggal jelasin penggunaan script PHPnya aja (gak mau ribet ni.. hu). Sekarang coba buat script berikut :

<html><head><title>Belajar PHP</title></head><body><?//program hello worldecho “Hello World”;?></body></html>

Simpan script diatas dengan nama helloworld.php atau terserah fren deh.. Jangan lupa simpan filenya di folder khusus website lokal sesuai dengan peket atau produk server yang fren pakai. Setelah itu coba panggil file dengan url yang tepat dengan browser masing-masing. Hasil keluarannya seperti berikut :

>Hello World

Mudah bukan. Ya.. iyalah ini kan hanya program sederhana, artikel selanjutnya pasti lebih berbobot. Sesuatu yang besar diawali dengan sesuatu yang sederhana (hehe.. ).

Keep Learning and Be The Best

3 Reactions to this post

Add Comment
  1. ichal mengatakan... 21 September 2013 10.45

    Mas Ahmad, mohon pencerahannya. Saya seorang karyawan di warnet. di desktop di warnet tempat saya bekerja itu terlalu banyak / penuh dengan shortcut. Baik itu shortcup folder-folder film dan lagu yang ada di server local, dan shortcut-shorcut aplikasi yang ada di program files di windows xp,(winam,firefox,ym, dll). saya sudah mencoba membuat web sederhana sekali, lalu saya pasang menjadi desktop tapi gagal dan cuma tampil kecil di tengah dan bisa ditarik-ulur besr kecil ukuran frame/kotak nya. Yang paling penting mas, apakah bisa, apakah ada script yang bisa jalan di web yang gunanya memanggil aplikasi seperti winamp.exe, notepad.exe dll, layaknya kita mengklik shortcut winamp di desktop. Mohon pencerahannya ya Mas Ahmad, intinya semua icon di desktop itu dipindah di web.Makasih banyak...(saya pemaca setia NyankodMagz, he,,,he,,,)

  2. Oryza Ahmad mengatakan... 22 September 2013 19.55

    Hallo mas Ichal.. untuk memanggil .exe (program windows) bisa pakai contoh script ini mas :

    $program_path = "C:\Program Files\CCleaner\CCleaner.exe";
    shell_exec($program_path);

    tinggal diganti saja path programnya. Nah untuk kasus mas seperti desktop yang penuh dengan shortcut itu saran saya pakai software dock, yg saya pake rocketdock. Memang lebih kreatif menggunakan web local sih, bisa kita bentuk sesuai keinginan, dan menurut saya ide bagus, tapi ada beberapa hal yang harus dirtimbangkan. Di satu sisi desktop jadi lebih rapih. Di sisi lain user harus masuk ke web dulu baru masuk ke program (sedikit menambah langkah user).

  3. ichal mengatakan... 28 September 2013 08.16

    Oke mas Ahmad coba saya praktekkan script tersebut...Terima kasih banyak mas..Keep Sharing ya Mas...semoga menjadi berkah..amin...

Posting Komentar